Selasa, 26 Januari 2016

Fatamorgana Cinta

Yosh , Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Gimana kabarnya? Semoga sehat semua,aamiin



So,kali ini saya bakalan cerita, sepotong cerita masa SMA.yang mungkin bakalan jadi sebuah pelajaran yang sangat berharga bagi saya di kemudian hari.
Jujur , saya adalah orang yang minim pengalaman masalah cinta. Waktu masih kecil saya berfikir cinta itu sesuatu yang cuma buat orang dewasa.Saya lahir di keluarga yang religius. Semasa SD, keluarga saya dengan ketat menjaga diri saya dari yang namanya “cinta-citaan”. Semasa SMP, pernah sekali ngebet sama seseorang tapi saya nggak terlalu care, hingga suatu hari saya berani buat ngungkapin perasaan. Alhasil, FRIENDZONE .

But friendzone yang saya alami itu emang bener-bener friendzone. Ya…bukan karena alasan doi aja buat nolak saya. Karena setelah saya ngungkapin perasaan,semua biasa-biasa aja ,nothing change. Dan kita masih jadi temen deket.

            Nah ini nih pas SMA, pengalaman cinta yang mungkin ngerubah perpektif saya dengan sebuah perasaan yang selalu dilambangkan dengan simbol hati  berwarna merah atau merah muda itu.
            Jujur , pas masuk SMA saya sudah ditekankan sama orang tua “kalo misalnya pacar-pacaran,mending gak usah sekolah” tapi….
            Waktu kelas 1 SMA, ceritanya saya ngebet sama seseorang. Ke-ngebet-an saya ini berawal dari chat saya ke dia yang isinya “ tau nomer ini ? 08*****?” akward banget. Dan entah kenapa sejak saat itu saya merasa nyambung chat dengan dia, seakan-akan saya menemukan oase di tengah gurun, excited.
 namanya masih labil, dan masih newbie, saya tertarik dengan dia.
jujur awalnya saya gak deket sama si doi, tapi karena chat itu…
            Saya merasa ada hal aneh, entah ini pelarian masa SMP atau memang…CINTA!
            Chat itu berlanjut…terus. Tiap malam rela-rela buat begadang demi chattingan ama si doi,sampai main kucing-kucingan sama orang tua buat chattingan.

Saya selalu merasa senang kalo lagi chattingan. Rasa-rasanya kayak sehari gak lengkap tanpa chattingan (astagfirullah). Kalo di sekolah juga terkadang saling sapa. Pokoknya satu semester itu dihiasi dengan nuansa cinta. Tapi tetep saya punya prinsip buat gak mau pacaran.
Hingga saat penerimaan rapor semester satu…jleg! Saya peringkat 8.
            .
            .          
            .
             saya gak tau mau ngapain saat itu, peringkat 8 merupakan peringkat terburuk yang pernah saya alami. Padahal paling bontot selama TK sampai SMP itu peringkat 4.
PERINGKAT 8! Ya Allah… umi saya nggak tau harus ngapain. Dan saya pun sempat shock, dari 5 besar nyungseb langsung ke 10 besar.
            Akhirnya saya berfikir, kenapa ini bisa terjadi. Mungkin karena saya gak fokus, bukan karena kurang minum air mineral yah…
kurang fokus buat belajar. Itu masalah saya. Selama satu semester kemarin saya lebih terfokus dengan cinta-cintaan.
.
.
.
Hingga suatu hari doi tiba-tiba menjauh. Saya gak tau harus ngapain, saya ikutan ngejauh aja. Saya mulai fokus untuk belajar, belajar, dan belajar. tapi terkadang ada sih keinginan untuk deket lagi ama si doi.
Pas penerimaan rapor semester dua Alhamdulillah peringkat saya naik jadi peringkat 4 dan masuk 10 besar peringkat umum. Dari situ saya tambah yakin untuk melupakan sejenak masalah cinta.
Entah kenapa setelah saya berhenti main-main alias cinta-cintaan,saya merasa lebih berkembang dalam segi pelajaran dan prestasi. Saya sempat mengikuti olimpiade sains tingkat provinsi bahkan ikut olimpiade kedokteran hewan tingkat nasional. Yah walaupun gak menang, tapi saya tetap merasa ada perubahan yang signifikan setelah berhenti cinta-cintaan dibandingkan sebelumnya.
.
.
.
Saya akhirnya menyadari sesuatu,
Bagi saya, rasa cinta yang pernah saya alami itu bukan fitrah , atau mungkin itu fitrah, tapi datang disaat yang tidak tepat. Karena cinta yang saya alami itu didasarkan karena nafsu.Ya, nafsu untuk selalu bisa chat,untuk selalu bisa deket.
Sengaja untuk mengabaikan sejenak fitrah yang datang memang cukup berat. Entah setelah saya mulai untuk menjauh,hati ini seperti terasa hampa. Hari-hari yang saya jalani terasa sangat datar. Tapi toh rasa cinta yang membludak ini kenapa tidak kita alihkan saja untuk lebih dekat kepada Allah. Perbanyak tilawah,menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat. Insya Allah dapat membuat hati dan diri kita menjadi lebih tenang dan tentram. Ohiya,satu lagi, kurangi mendengarkan lagu-lagu yang kurang bermanfaat.karena serius,lagu-lagu tersebut dapat membuat kita tambah jauh dari Allah,membuat diri kita tersesat.
Mungkin saya juga kena teguran dari Allah karena tidak mendengar perkataan orang tua. Deket sama lawan jenis saja sudah dapat teguran,apalagi kalo pacaran.
 Kalau kata lagunya Chrisye “tiada kisah paling indah,kisah kasih di sekolah” saya akui memang indah,tapi keindahannya membuat kita terbuai, lupa dengan tujuan kenapa kita disekolahkan oleh orang tua; Menuntun Ilmu,belajar dengan tekun,menjadi orang yang sukses di kemudian hari, dapat membanggakan orang tua,dsb.
Saya yakin bahwa laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik,begitu juga sebaliknya. Jadi saya mulai mencoba untuk memantaskan diri,mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Kalau ada yang bilang “saya pacaran,tapi tetep berprestasi kok” lah itu pribadi ada,karena pribadi setiap orang berbeda. Dan kalau ada yang bilang pacaran/cinta-cintaan sebagai motivasi untuk belajar, bagi saya NO. Saya sudah ngalamin sendiri,dan prestasi saya turun gara-gara itu. So,itinya tergantung pribadi masing-masing.
Kalau peringkat saya turun walaupun saya sudah berhenti cinta-cintaan, berarti tandanya saya harus keluar dari zona nyaman saya dan mulai untuk berlari.

Dan terakhir, hati-hati terkena Fatamorgana Cinta, terlihat indah namun hanya membuai diri. Percuma kita mengejarnya, toh itu Cuma ilusi semata. 


“Sesungguhnya cinta yang hakiki itu adalah cintanya Allah SWT”

13 komentar:

  1. manusiawi sih menurutku. umur-umur anak sma di mana kita lagi mencari-cari jati diri. tubuh mulai memproduksi hormon-hormon dengan aktif. yang tadinya cuma pertumbuhan jadi nambah dan perkembangan. ini pelajaran biologi btw.

    jadi hal yang lumrah kalau tersengat sindrom merah jambu untuk pertama kali. dan dari situ kita jadi memahami makna cinta. meskipun sedikit. dan belajar untuk fokus menjalankan sesuatu hal yang ingin dicapai. ya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba,saat itu memang banyak hal yang bisa kuambil, menambah pengalamanku juga. memang "sengatan"nya mengejutkan...

      Hapus
  2. Ini bahas gebetanmu yang mana ni? Yang cewek atau yg cowok? :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang cewe, yang masih kuberikan ruang di pelataran hatiku masbro haha hmm, anak mana si lu-_-

      Hapus
  3. Wa'alaikumsalam m Warrahamatullahi Wabarakatuh..
    Aamiin..
    Alhamdulilah kabar baik, semoga sebaliknya tetap sehat dan selalu ada dalam lindungan-Nya..

    Sama tuh, suruh serius aja sekolah, jangan mikiran yang lain, apalagi mikiri cewek, itu mah gampang nanti kalau udah saatnya :D

    Dulu aku juga selama SMA pernah ngalamin gitu, dan setelah lulus gak mau dulu cinta-cintaan alias pacaran, ketertarikan terhadap lawan jenis, namun sekarang lebih ke menjaga diri, nundukan pandangan dan perbaiki diri.

    Toh, lebih banyak waktu luang sekarang, lebih asik bersama keluarga, walaupun jauh tak ada halangan untuk tetap berkomunikasi...

    BalasHapus
  4. Tiap orang punya caranya tersendiri untuk berprestasi. Kalau bagiku sih gak ada masalah dengan mencari pasangan, tapi ya itu, harus siap dengan konsekuensinya. Kalau ujung-ujungnya malah memprioritaskan si dia di atas segalanya apalagi belajar dan agama, udahlah mending jomblo aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya qi, mungkin aku main aman aja saat ini. jangan jomblo qi, mending single aja haha :p

      Hapus
  5. waalaikumsalaam warrahmatullahi wabarakatuh..
    baca posting ini jadi ingat zaman SMA dulu, isinya 80% percintaan hahaha.
    bener kata orang tua kamu mending fokus belajar aja dari pada cinta-cintaan, akhrinya nilai dan peringkat kamu meningkat kan? hihi

    bener. cinta hakiki cuma dari Allah SUbhanahuwata'ala

    BalasHapus
  6. Gebetan yang mana lagi nih yang diceritain *ikut ceng cengin kayak mas yang diatas*

    beberapa orang ada yang kayak lo, pas ketemu cinta monyetnya malah bikin dia kaga konsentrasi, tapi ada juga yang ketemu eh malah nambah konsentrasi buat belajar, bahasa lainnya sih buat nambah motivasi.

    Tapi semua balik ke pribadi masing2, nyaman dengan keadaan yang mana, iya kan ?

    BalasHapus
  7. Ngomongin soal cinta jadi keinget masa-masas dulu, sering disakitinnya haha
    Mending fokus ke cita-cita dulu aja dah kalau bermasalah mulu dalam cinta-cintaan, suatu hari pasti datang sendiri cinta yang elbih baik

    BalasHapus
  8. Dulu pas SMA juga aku mikir gitu, masa sekolah bela belain jauh jauh, ke sekolahnya pake angkot cuma pacaran doang, tapi ya akhirnya tetap pacaran juga wkwk, meski akhir cerita pacarannya nggk berakhir indah, berakhir dengan permusuhan dan nyampe sekarang nggak kontek2an lagi loh kok jadi curhat, hehe

    BalasHapus
  9. UUUUUH, suka banget kutipan yang dibawah "Sesungguhnya cinta yang haqiqi itu adalah cintanya Allah", setujuuuu banget.

    Mungkin namanya juga manusia ya kadang penasaran. kaya yang aku baca sih bukan ngebet tapi mungkin penasaran gimana rasanya pacaran haha. terus udah tau rasanya dan pengalamannya ya udah. apalagi pengalamannya kaya gitu nurunin prestasi.
    Alhamdulillahnya disadarin dari awal ya, jadi bisa instropeksi diri kedepannya buat yang terbaim gimana hehe

    BalasHapus