Minggu, 12 November 2017

Pelajaran Berharga Dari Ibu Penjual Nasi Uduk

Yosh, Assalamu'alaikum Wr. Wb
gimana kabarnya? semoga baik-baik aja ya
.

.
Jadi kali ini gue bakalan cerita tentang pelajaran hidup berharga yang gue dapat belakangan ini, terlebih tentang bagaimana belajar bersyukur.
.
Oke pembukaan dulu, jadi gue ini ngekos di daerah pemukiman penduduk, dibilang kumuh banget juga ngga, dibilang modern banget juga ngga, jadi menurut gue pas lah buat gue tinggal disana, sekalian bersosialisasi dengan masyarakat dan memetik pelajaran hidup di lingkungan sekitar.
.
Cerita ini bermula ketika gue pengen menikmati weekend pagi gue, dengan kehidupan mahasiswa yang cukup flat dan padat menurut gue, gue pengen sekali-sekali menikmati weekend pagi gue dengan tenang,damai, dan nikmat. biasanya kalau weekend, habis subuhan gue mager keluar kosan dan lebih memilih buat tidur lagi, tapi kala itu karena gue pengen menikmati weekend pagi yang indah, akhirnya mencoba menyusun rencana weekend pagi. rencana gue kala itu adalah : beli nasi uduk buat sarapan, trus makan di kamar kosan sambil nonton kartun. 
.
Yak, simpel dan kekanakan banget kan? but yaa, kondisi seperti itu sangat susah buat gue dapetin sekarang, cara gue refreshing dan menikmati akhir pekan sesimpel itu emang, bener-bener kenikmatan yang hqq untuk melarikan diri dari hiruk pikuk weekdays. setelah rencana gue patenkan haha, jam setengah tujuh-an gue keluar dari cangkang gue (re: kosan) dan mulai mencari nasi uduk. sebenarnya ada warung nasi uduk yang deket dengan kosan gue, tapi kali itu gue memilih buat nyari yang agak jauhan, itung-itung sekalian jalan pagi. setelah berjalan sekitar 400-500m-an, gue menemukan warung nasi uduk yang tulisannya "nasi uduk alhamdulillah". fyi, sebenarnya gue udah sering ngelewatin warungnya, tapi kalau beli langsung ga pernah, ya gue cukup mager buat beli jauh-jauh, tapi saat itu ngga haha.
.
Ok gue masuk ke warungnya, keadaan saat itu cukup ramai pembeli, kalo ga salah gue antrian ketiga, dan di belakang gue masih ada lagi. yang jual suami istri, istrinya ngelayanin buat yang mesen nasi uduk,suaminya ngelayanin buat yang beli ketupat sayur (selain jual nasi uduk disana juga jual ketupat sayur). satu hal yang gue notice saat itu adalah, si ibu selalu mengucap hamdalah (alhamdulillah) setiap kali dia nuangin nasi ke pincuk, naruh lauknya, sampai dia nerima uang dari pembelinya, lisannya ga pernah berenti berucap syukur kepada Allah  (mungkin karena ini kali ya nama warungnya nasi uduk alhamdulillah). Gue takjub banget saat itu, ga lebay, cuma hati gue bergetar ngeliat dan mendengarnya. Di zaman yang modern ini, masih ada manusia yang pandai bersyukur seperti ibu itu.
.
Well, lalu tibalah giliran gue yang dilayani, gue pun memesan satu bungkus nasi uduk. terus ibunya nanya "nasinya seporsi apa setengah?", karena gue takut setengah porsi ga cukup, dan saat itu gue emang laper, gue bilang lah ke ibunya pesen yang seporsi. ternyata seporsinya itu kayak satu setengah porsi :v, but gapapa lah, sekali-kali pikir gue. gue pun memilih lauk bihun goreng, telor balado, sama tempe orek (lauknya macem-macem, yaa khas nasi uduk betawi gitu. Selain lauk yang gue pilih, ada juga semur jengkol,semur telor,dll). Ibunya melayani dengan cekatan, ramah, kadang ngasih celetukan juga haha, ditambah hamdalah dari si ibu yang bikin nasi uduknya lebih berkah, dan diakhiri dengan pelengkap sambel dan kerupuk biar makin nikmat, gue pun membayar. "berapa bu?", "8 rebu" . Gilaa, dengan porsi tukang kek gitu cuma 8 ribu gaes,akhirnya biar duitnya genap 10k gue nambah gorengan tempe 1,bakwan 1. gue pun bayar apa yang gue beli, terus balik ke kos dengan perasaan senang hehe...
.
Sampe kosan gue pun mempersiapkan segalanya : isi air minum di botol, nyalain laptop buat nonton kartun, buka bungkusan nasi uduknya hehe. pagi itu pun gu jalani dengan suka cita. Kenyang banget ngabisin nasi uduknya. Sekali-kali lah ya, makan kekenyangan sebenarnya gaboleh, tapi karena udah terlanjur gue pesen, daripada mubazzir kan. btw, nasi uduknya enak loh. Akhirnya gue menikmati weekend pagi nikmat yang haqiqi saat itu, alhamdulillah...
.
FYI buat temen-temen yang pengen nyobain nasi uduknya, temen-temen bisa beli langsung aja, alamatnya di jalan poros Kalimongso, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
.
.
Pesan yang pengen gue sampein kali ini adalah:

1. Pelajaran hidup bisa lo dapet dari mana aja, kapan aja, dan dari siapa aja. So, cermati sekitarmu, jangan merendahkan siapapun, dan jangan menganggap "tinggi" diri lo, karena Allah menilai pribadi seseorang itu dinilai dari akhlaknya, dari amal perbuatannya, bukan dari apa jabatan dan siapa diri lo di dunia

2. Gue banyak belajar kala itu dari ibunya, dari ucapan dan kebiasaan simpelnya itu, gue menjadi sangat malu, sudah kah diri ini menjadi pribadi yang pandai bersyukur? sebegitu kufur nikmat kah diri ini hingga cuma faseh baca hamdalah seusai shalat fardhu saja? astagfirullahaladzim :"

3. Jadilah hamba Allah yang pandai bersyukur, syukur itu banyak caranya, dengan hati, lisan, dan perbuatan. Jadilah hamba yang hatinya tak berenti bersyukur, lisannya tak berenti mengucap hamdalah, dan perbuatannya yang bermanfaat bagi orang lain sebagai tanda kesyukurannya. Apa yang ibu penjual nasi uduk lakukan itu syukur dengan lisan. di agama gue, yakni islam, Allah SWT udah bilang di Al-Qur'an

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'" (QS. Ibrahim: 7).

4. Dalam sisi universal, gue yakin semua agama mengajarkan penganutnya buat menjadi pribadi yang bersyukur atas nikmat yang Tuhannya berikan. So, yuk kita sama-sama membenahi diri, menjadi pribadi yang lebih baik, dengan kita pandai bersyukur, kita ga akan merasa kekurangan, akan merasa berkecukupan, kita akan menjadi insan yang sukar mengeluh, dan akhirnya akan membuat hidup kita menjadi lebih mudah,indah, dan tentram untuk dijalani :)
.
.
.
Cukup sekian post gue kali ini, semoga bermanfaat ya, ambil yang baiknya, tinggalin yang jeleknya :)
.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

17 komentar:

  1. Yosh, Wa'alaikumsalam Wr. Wb...
    Alhamdulilah kabar baik, mas Naufal sendiri gimana kabarnya?

    Sama sih, kalau aku disini juga gitu, pagi-pagi beli nasi uduk, disini macem-macem harganya, ada yang 7k, 8k, dan ada juga 2.5k (nasi kucing). Tapi jangan salah, nasi kucing yang ini bagiku cukup lah porsinya, kalau kurang bisa nambah, jadi dua nasi kucing bayar 5k..

    Dan, sampai kost ya, gitu. Buka laptop, salon nyalain, nonton kartun..haha, rasanya nikmat bet ya sambil nonton.. :D

    Dari setiap kejadian atau kegiatan yang pernah kita lakukan tentu selalu ada hikmat yang dapat di ambil. Termasuk ketika beli makan..

    Yosh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik juga mas :), wah klo deket kosku nasi kucingnya jualan malem2 di angkringan

      Hapus
  2. Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
    cirihas banget ya selalu ada yosh dan salamnya

    Sebagai anak kost kita semua sepertinya sama, buat keluar dari kamar dihari minggu merupakan tantangan terberat kita ya mz.

    Hidup akan terasa lebih indah kalau kita bisa bersyukur :D

    BalasHapus
  3. Berbobot banget post nya...
    iya bener yaa.. inspirasi bisa kita dapet dr mana aja..
    Tergantung kita nya yg mau berfikir atau enggak.
    .
    ibu itu jual nasi uduk sambil bilang hamdalah, itu aja udh menginspirasi pembelinya..

    Masya allah yaa.kebaikan bertebaran dimana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, gimana kita mengambil makna dari setiap kejadian :)

      Hapus
  4. bersyukur akan sesuatu itu memang penting mb

    BalasHapus
  5. gue juga salut sih sama penjual yang "kayak gitu". Porsi banyak, harga mini. Itu keren banget dan sahabat sejati banget buat anak kosan, kadang suka mikir itu untungnya tipis banget dong ya berarti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya e mikir juga, tapi laku banget lo itu, jam 8an udah ludes dagangannya, mantep bener

      Hapus
  6. Kadang Bagahagia itu emang sederhana ya kang,
    Bisa makan nasi uduk enak bin murah juga udah kenyang banget,
    Kalo di tempatku mungkin satu porsi harganya bisa nyampe 10 ribu mas. Belum termasuk aksesoris lainya (re: bala-bala)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget a,

      btw aku klo lagi di makassar aja nasi uduk 12k.
      bala2 the best euy, apalagi pake kuah kacang, aduh ngiler

      Hapus
  7. Sungguh sebuah kisah yang sangat menginspiratif. dan pastinya sangat memotivasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas, semoga bermanfaat, sering2 mampir ya :)

      Hapus
  8. Waaah... dari penjual nasi uduk, jadilah catatan yang berfaedah ini. Luar biasa.

    Dan itu harga nasi uduknya murah banget, udah dapat lauk yang banyak.
    di sini mungkin udah 15 ribuan. Tapi syukuri aja. Alhamdulillah... yang penting enggak kelaparan. Hehehe...

    BalasHapus
  9. Assalammualaikum. Alhamdulillah baca tulisan ini jadi pengingat akan kurangnya rasa syukur secara lisan. Alhamdulillah itu sederhana jika dilafalkan namun saya dan barangkali ada sekian insan lain kerap lupa atau abai dalam mengucap syukur secara lisan.
    Alhamdulillah yang dilakukan ibu itu secara berulang ibaratnya zikir harian yang membawa pahala baginya dan keberkahan bagi jualannya, dan tentunya pembeli ikut merasakan hikmahnya.Betapa kalimat hamdalah kerap kita lupakan dalam keseharian yang sederjana. Apakah setelah makan atau dapat rezeki atau menyelesaikan tugas, atau apa saja.
    Saya suka ibu itu.
    Alhamdulillah. :)

    BalasHapus
  10. Manusia mah emang makhluk luar biasa ya, cuma karena pengen menikmati weekend trus beli nasi uduk, jadi dapet banyak pelajaran hidup.

    Betul banget sih. Kelihatan sepele hanya sebatas ucapan "Alhamdullilah" yang berkali-kali. Kita tu emang kudu selalu bersyukur dengan apa yang udah Allah beri ya.

    BalasHapus