Jumat, 27 Oktober 2017

Balada Anak Rantau

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
.
Gimana Kabarnya? semoga sehat ya
.
.
hmm,kali ini gue bakal ngebahas tentang gimana cerita awal-awal gue ngerantau. Ohiya lupa ngejelasin, jadi gue ini dari Makassar, trus hijrah ke jabodetabek buat kuliah. but wait, kalian bilang gue sokab pake sapaan "gue"? Lemme explain it. Jadi... gue ini berasal dari keluarga Sunda-Betawi, lahir di Kupang,NTT , TK-SMA di Makassar, dan sekarang alhamdulillah hijrah buat kuliah ke daerah ibukota, so gapapa lah ya pake lu gue hehe. sebenarnya kalau ngomong sehari-hari sih gue ganti-ganti sapaannya, tergantung lawan bicara, kadang pake aku-kamu, saya-kau, sama gue-lu, tapi kalau blogging entah lebih enak pake sapaan "gue" :/
.
Jadi sejak kecil gue ini udah punya bakat traveling haha lol-_- Ya tuntutan pekerjaan orang tua yang bikin gue pindah kemana-mana. Enaknya? punya temen banyak, dan lebih cinta dan menghargai keberagaman suku budaya Indonesia *Aseekkk :v . Ya gimana ngga, gue ini orang sunda betawi, tapi lebih fasih logat Makassar, malahan kalau bahasa sunda gue cuma paham tapi ga bisa jawab pake bahasa sunda lagi alias passive speaker.
.
Back to topic, sekarang gue udah resmi jadi perantau, bukan karena ngikut ortu. Hmm...gimana kehidupan gue di tanah rantau? banyak hal yang cukup berubah dan cukup bikin gue kaget haha. sebenarnya Makasaar tuh udah maju banget, udah hampir sama kayak ibukota lah pembangunannya, cuma di tempat gue sekarang ini, salah satu hal yang bikin kaget adalah mall nya banyak banget-,- . Ya, gue sempet tercengang, di deket kosan gue ada tiga mall coba, dan itu deketan semua, bahkan ada dua mall yang gue jalan kaki aja udah nyampe. bener bener harus tahan godaan biar ga hedon. Ya Allah kuatkanlah hamba :"
.
Waktu dulu gue mutusin buat kuliah keluar dari daerah tempat gue tumbuh alias Makassar, gue mempertimbangkan banyak hal, termasuk gimana cara gue bisa mandiri dan ngurus diri gue sendiri. Gimana caranya biar ga bangun kesiangan, gimana caranya gue ngatur duit kiriman orang tua biar ga boros, dsb. Dan satu hal krusial yang ga kalah gue pikirin, gimana caranya gue bisa PULANG DENGAN SELAMAT, alias gimana caranya gue balik ke Makassar dengan selamat
.
Balik ke Makasar? Otomatis naik pesawat lah, naik kapal sayang di waktu cuy. Masalah lainnya, sebelum gue merantau gue ga pernah yang namanya naik pesawat sendiri (nah loh). Palingan pergi bareng temen buat lomba,itupun didampingi guru. pesen tiket sendiri juga jarang banget.
.
Gue kadang iri ngeliat temen gue yang anak ibukota atau minimal kampung halamannya masih di pulau jawa lah, mereka sering banget balik, kadang libur tiga hari juga mereka balik. Ga kayak gue, mesti nunggu sampe libur panjang baru bisa melepas kangen. Sebenarnya gue bisa aja mudik ke rumah kakek di Bandung kalau weekend, tapi mager, dan gue ini lumayan pendiem, trus kalau ke Bandung ga sama abi umi dan adek-adek gue, gue ga tau pas di Bandung mau bahas apa, awkward banget._. salah satu kelemahan gue yang butuh waktu buat ngatasinnya.
.  
Orang tua gue terutama abi (ayah) gue tipikal orang yang cukup "memiliterkan" anaknya, gue sebagai "bawahan" dibekali dengan arahan dan wejangan sebelum gue hijrah buat kuliah. Abi gue ngasih instruksi, ngasih tutorial, sisanya? ya gue urus sendiri, mikirin sendiri, improve sendiri.
.
Sekarang udah zamannya semua serba canggih, serba praktis, efisien. Pengen mie instan? Ya beli trus masak Pengen kopi instan? Ya seduh. Pengen beli tiket pesawat dengan instan? Traveloka solusinya
.
Yoi cuy, abi gue ngasih tau dari awal-awal sebelum gue berangkat, kalau mau balik Makassar nanti pake Traveloka aja pesen tiketnya. Ya awalnya gue pesimis sih pas pertama kali pulang sendiri, mesti beli tiket sendiri, akhirnya gue pake dah tuh traveloka, download aplikasinya, dan.... 
.
Masya Allah... asli dah, ga bohong, aplikasinya emang user friendly banget, gue yang pertama make ga kebingungan saat itu, dan satu fitur andalan bagi gue anak kosan dan perantau lintas pulau yang kalau mau pulang modalnya lumayan gede, fitur best price finder , yang bisa ngasih kita rekomendasi harga termurah gaes... cocok banget buat anak rantau kayak gue yang harus nyebrang antar pulau, ga bikin tekor.
.
Sejak pertama pulang sendiri sampe sekarang, traveloka tetep jadi andalan gue buat solusi pulang mudah dan murah, dan tentunya aman gaes. 
.
Traveloka,partner bepergianku
.
Jadi, pesen moral kali ini adalah ikuti nasihat orang tua, karena insya Allah itu yang terbaik. Salah satu bukti sederhananya ketika orang tua gue suruh pesen tiket pake Traveloka, dan voila! Sampai sekarang, Traveloka tetep jadi andalan gue buat mesen tiket pesawat. 
.
Traveloka dulu, tenang bepergian kemudian
.
kali ini cukup sekian gaes,
Assalamu'alaikum Wr. Wb.


14 komentar:

  1. traveloka dulu, jalan jalan kemudiannn :v

    BalasHapus
  2. Haha, Lotte sama BP ya? Gue udah pernah tuh dua-duanya jalan kaki. Sekali doang tapi, nyesel gue jalan. Capek cuy, mending ngegojek dah. 6 ribu rupiah sebanding lah daripada capek-capek jalan xD.

    Gue juga baru pertama kali pas ke sini tuh naik pesawat sendiri. Pertamanya sih ya karena kepaksa, tapi makin ke sini ya enjoy aja, udah biasa bolak balik bandara sendiri, ea...

    Dan Traveloka emang selalu jadi andalan sih. Tiap pengen pulang selalu pake Traveloka buat urusan tiket. Gampang banget soalnya makenya, bener tuh user-friendly. Ada garansi harga lagi.

    Oh iya, jangan lupa belajar, bentar lagi UTS :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bener banget, klo ke lotte biasanya pagi2,sekalian jogging hh, bp sekali doang sih jalan, tapi itu bener2 jarak yang lumayan deket loh haha XD.
      .
      .
      .
      haduh... siapp qi, mohon doanya yak hehe

      Hapus
  3. Selain user friendly, traveloka juga selalu kasih diskon hotel dari tiket pesawat yg kita pesan loh. Enak banget kan?
    Traveloka dulu, pulang kampung kemudian.

    Btw, selamat menghadapi uts anak rantau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, promonya menggiurkan banget. siap makasih mba, mohon doanya :)

      Hapus
  4. Sejauh ini belum pernah pergi jarak jauh jadi belum terlalu butuh traveloka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap masuk list aplikasi klo pergi jarak jauh pak, traveloka juga bisa buat hotel sama tiket tempat wisata, lengkap banget sih menurutku

      Hapus
  5. gue dari sma jadi anak rantau. meskipun cuma sekolah di kota madya sih, rumah gue di kota kabupaten, tapi ya lumayan lah buat pengalaman. walaupun tiap akhir pekan perdua minggu pulang buat perbaikan gizi. biasanya sering tuh kawan yang anak luar kota ikut gue mudik. kesian libur lama di kosan sendirian, jomblo pula haha

    enaknya pake traveloka gaperlu print e tiket, tinggal kasih liat aja dari hp sama petugas chek innya. jadi gak kuatir tuh tiket ketinggalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mba, tiap pulang tinggal kasih iat tiket dari hp aja, gaperlu panik lupa ngeprint tiket haha.
      .
      .
      wah keren udah mandiri sejak SMA, aku dulu SMA dari kota madya malah ke kabupaten malah, tapi pulang pergi naik angkot sih, sekitar 20km lah jaraknya

      Hapus
  6. lo harus bersabar. beruntung banget bisa kuliah sampe ibu kota. mendapat pengalaman baru. ini bagian dari perjuangan lo menggapai mimpi mimpi. tsah. lagan pasti bakal banyak cerita yag lo bisa bagi kuliah di jakarta denhan menahan rindu. good luck cuy!

    BalasHapus
  7. Weh nda buka sepatu jko waktu masuk mall besar nah? Jang ko bikin malu-malu kayak saya *eh

    Merantau memang berat, tapi merasakan kuliah di perantauan adalah kesempatan yang ndak semua orang bisa merasakan. Manfaatkan kesempatan itu dengan baik, IPK ga usah bagus-bagus amat yang penting semua mata kuliah lulu dan tidak ada nilai C. Belajar, berkomunitas, tapi jangan lupa bersenang-senang.
    *demikian pesan-pesan Pak Tyar*

    Btw Traveloka emang praktis ya, selain itu juga lebih murah daripada checkin langsung di hotelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh, makassarki juga kanda? mantap memang
      .
      deh lepas sepatu bde haha, bisanya itu wkwk
      .
      siap kanda, terima kasih atas pesannya

      Hapus